4 Manfaat Minyak Telon untuk Anak: Melindungi Gigitan Serangga hingga Meredakan Kembung

Jakarta – Para orangtua biasanya menggunakan minyak telon untuk menghangatkan badan anaknya, terutama usai mandi. Minya telon ini memang memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk anak. Adapun beberapa manfaat minyak telon untuk anak yakni sebagai berikut.

Diketahui, minyak telon memiliki bahan utama minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Maka dari itu, sifat serta manfaatnya pun tak berbeda jauh dengan ketiga minyak tersebut. Nah untuk selengkapnya, berikut ini manfaat minyak telon untuk anak-anak.

1. Melindungi tubuh dari gigitan serangga

Minya telon memiliki aroma yang kuat sehingga serangga pun enggan untuk mendekat. Sebuah penelitiann tahun 2011 menyebutkan bahwa bahwa minyak cajuput dalam kandungan minyak kayu putih mempunyai aroma yang mampu mengusir serangga.

Baca Juga:Heboh Video Viral Minyak Telon Gadis SMP, Ini 5 Bahaya Memasukkan Benda Asing ke Miss V

2. Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat lainnya dari minyak telon yaitu mampu mengatasi masalah pernapasan.  Pasalnya, kandungan minyak kayu putih yang ada dalam minyak telon ini memiliki sifat dekongestan yang membantu meringankan sejumlah gejala, seperti hidung tersumba, tenggorokan sakit dan hidung beringus.

3. Meringankan kejang otot

Minyak telon juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk meringankan kejang otot. Jika kamu menderita kejang otot ringan, kamu bisa coba oleskan minyak telon untuk membantu meredakan kejang tersebut.

Ini dikarenakan campuran minyak adas dan minyak kayu putih pada minyak telon memiliki sifat yang memberikan efek relaksasi otot. Selain itu, kandungan eucalyptamint di minyak kayu putih juga berguna mengatasi kejang otot maupun radang sendi.

Baca Juga:3 Langkah Mengobati Perut Kembung, Mudah Dilakukan

4. Meredakan perut kembung

Meredakan perut kembung juga merupakan salah satu manfaat minyak telon. Hal ini dikarenakan minyak adas yang ada dalam minyak telon memiliki kandungan yang dipercaya mampu mengurangi perut kembung dan rasa nyeri pada perut.

Sebagai informasi tambahan, minyak telon ini biasa digunakan untuk anak-anak. Namun, apakah minya telon juga bisa digunakan oleh orang dewasa? Melansir dari situs The Royal Children’s Hospital Melbourne, menyebutkan bahwa kulit orang dewasa lebih tebal dari kulit bayi/anak-anak.

Oleh karenya, jika minyak telon digunakan pada orang dewasa, maka intensitas efeknya mungkin akan terasa berbeda. Namun, jika orang dewasa ingin tetap coba pakai minyak telon, maka cobalah oleskan takaran yang lebih banyak agar bisa memperoleh manfaatnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat minyak telon untuk anak-anak yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber: www.suara.com

Related posts