5 Rekomendasi Makanan Saat GERD Untuk Ibu Hamil, Jangan Sampai Asam Lambung Ganggu Perkembangan Janin

Jakarta – Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD jadi salah satu keluhan yang dialami ibu hamil. Kira-kira, ada nggak sih makanan yang bisa meredakan GERD saat hamil?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, dr. Finna Hardjono, Sp.OG mengatakan GERD saat hamil bisa dialami karena perubahan hormon yang juga bisa menyebabkan pusing, mual, dan mudah lelah. Khusus GERD pada ibu hamil terjadi pada trimester awal, tapi bisa juga terjadi hingga akhir kehamilan.

Read More

“GERD ini bisa terjadi karena asam lambung naik ke arah kerongkongan. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan akan membuat pergerakan otot saluran cerna melambat sehingga makanan dan asam lambung lebih lama dicerna. Hal ini meningkatkan kemungkinan refluks asam,” ujar dr. Finna melalui keterangan yang diterima suara.com, Rabu (9/8/2023)

Kondisi GERD juga bisa diperparah karena perut membesar dan menekan perut. Tapi kondisi ini umumnya akan mereda setelah bayi lahir, dan dr. Finna memastikan kondisi ini tidak akan mempengaruhi perkembangan janin.

Baca Juga:Menjaga Janin Tetap Sehat, Ibu Hamil Disarankan Minum Air yang Mengandung Mineral Ini

Ilustrasi Ibu Hamil (Freepik/odua)

Berikut ini makanan untuk ibu hamil yang alami GERD, yangn direkomendasikan dr. Finna:

1. Jahe

Jahe yang bersifat anti inflamasi ini dapat mampu redakan gejala GERD serta mengatasi mual di saat pagi hari.

2. Buah Pisang

Konsumsi buah pisang sebagai sarapan atau selingan sebelum makan berat, ini dilakukan karena pisang merupakan sumber potasium yang dinilai dapat menetralisir kadar asam lambung.

Baca Juga:Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas Tingkatkan Kelahiran Anak Dengan Kondisi Down Syndrome? Dokter Bilang Begini

Buah pisang (pixabay/furbymama)
Buah pisang (pixabay/furbymama)

3. Sayuran Daun Hijau

Saat trimester ke-2 dan ke-3, mual saat pagi hari umumnya sudah mereda, namun nafsu makan akan meningkat, ibu disarankan untuk banyak konsumsi sayuran daun hijau.

“Sayuran ini banyak nutrisi serat dan bersifat basa yang tidak menyebabkan GERD, sayuran daun hijau ini seperti kangkung, bayam atau seledri,” jelas dr. Finna.

4. Gandum Utuh

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan beras merah. Gandum mengandung serat tinggi yang akan membuat ibu merasa kenyang serta meredakan.

Ilustrasi gandum (Shutterstock)
Ilustrasi gandum (Shutterstock)

5. Daging Tanpa Lemak

Daging ayam atau sapi tanpa lemak merupakan sumber protein hewani yang baik. Konsumsi daging ini haruslah dibuang kulitnya serta diolah hingga benar-benar matang guna menghindari patogen bahaya untuk ibu dan janin.

Selain itu, ada juga gaya hidup yang harus dihindari saat GERD untuk ibu hamil, menurut dr. Finna.

1. Jangan Makan Berlebihan

Konsumsi makanan yang berlebihan akan memperburuk gejala GERD. Sebaiknya makan beberapa kali dalam satu hari dalam porsi kecil setiap kali makan, ini akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2. Seimbangkan Kadar Nutrisi Gizi

Selalu seimbangkan kadar nutrisi gizi yang diperlukan ibu dan janin, jangan berlebihan yang mengakibatkan meningkatnya berat badan, ini akan akan membuat tekanan pada perut yang terlalu besar yang akan memicu munculnya GERD.

3. Kenakan Pakaian Longgar

Mengenakan pakaian yang longgar dapat membuat tidak terlalu menekan perut. Pakaian yang ketatnya dapat menimbulkan gejala asam lambung.

4. Kurangi Stres

Tingkat stres tinggi dapat semakin memperlambat pencernaan dan membuat pencernaan lebih sensitif terhadap rasa sakit. Dengan demikian makanan akan semakin lama di dalam perut yang memberikan risiko peluang untuk membuat GERD. Selain itu memperbaiki tingkat stress ini agar tidak memberikan pengaruh yang buruk bagi janin yang sedang dikandung.

Sumber: www.suara.com

Related posts